holiday? name it : singapore!

singapore! everyone knows it. negara tetangga kita yg konon katanya pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan ini terkenal tertib, bersih, rapih dan bebas macet. i always loved visiting singapore. shopping? entertain ur self? you got it all.

pertama kali berkunjung ke singapore itu tahun 2009 dan sendirian *hiks* naik budget airlines nya singapore airlines yaitu tiger airways, gw berangkat dr jakarta jam 8 malam. hmm, untuk budget airlines si tiger ini lumayan lah karena dikasih snacks tanpa harus membayar :)

pertama agak panik karena sama sekali belum pernah ke sg sebelumnya *takut nyasar*, apalagi tiger airways punya terminal sendiri yang jaraknya agak jauh dr changi (tapi tetep satu area dgn changi). akhirnya gw baca-baca review tentang how to travel in singapore. (mungkin ini bisa jadi tips juga untuk kalian yg baru mau menjelajah utk pertama kalinya keluar indonesia, read the reviews and found out more about it)

setelah baca-baca lewat internet dan tanya2, gw jd punya bayangan ttg transportasi di singapore yg katanya bisa nganter kita dr ujung ke ujung dgn nyaman dan bebas macet, yaitu MRT! bahkan dr airport menuju kota pun tinggal naik MRT.. hmm, penasaran.

Budget Terminal Changi Airport Singapore

akhirnya tiba di budget terminal changi airport pukul 10.20 pm waktu singapore (lebih cepat 1 jam dr waktu jkt. antrian imigrasi lumayan panjang namun tetep tertib. setelah lewat imigrasi (alhamdulillah ga pake lama, krn petugas imigrasi singapore teliti bgt n suka byk nanya2) berhubung gw ga pake bagasi, jd bisa lgs lari menuju shuttle bus station yg letaknya ada di pintu keluar budget terminal changi. shuttle ini mengantarkan kita dari budget terminal ke changi airport untuk naik MRT. krn MRT terakhir adalah pukul 11 pm, jadilah gw lari lari ke MRT Changi Station *phew, lumayan menguras tenaga*

ini adalah mrt station yang ada di changi airport, singapore

utk yg baru berkunjung ke singapore, jgn khawatir.. krn petunjuk/sign board nya itu amat sangat detail, ada dimana-mana dan mudah dipahami, tinggal ikutin aja dan dijamin nggak akan kesasar :P dan ada baiknya juga kita punya map mrt nya supaya kita bs merencanakan tujuan kita dan pemberhentian nya terletak di station yg mana. jaman saya ksana belum ada smart phone kali ya jd masih bawa map manual hehe, kalo skrg mgkn dah byk yg pake smart phone jd tinggal download aplikasi mrt singapore map :)

untuk tiket mrt, bisa dibeli dlm bentuk single trip atau multiple trip. kalau single trip emang agak ribet krn harus siap sedia koin utk beli tiket di vending machine. lebih enak beli tiket yg multiple yaitu ez link card seharga 15 SGD jd setiap mau naik bis dan mrt tinggal ‘tap’ kartu nya di mesin yg telah disediakan. dan kalau credit balance kita di ezlink sudah habis, bisa kita top up melalui vending machine juga, kalau nggak salah minimal 10 SGD :) *praktis bgt yeh*

ticket machine

gw naik mrt dari changi (east west line/green line) menuju rumah tmn gw yg bersedia gw tumpangi di queensway, kata nya gw naik mrt dr changi tanpa perlu transfer line atau pindah jalur karena utk menuju queensway gw bisa turun di mrt redhill station… setelah kurang lebih 1 jam perjalanan dgn mrt, akhirnya sampe juga di redhill station dan teman saya sudah menanti…. *heppi*

untuk menuju kerumahnya, kita lanjut naik bus, namanya sbs transit. banyak bus tersedia di singapore, dan ga bisa berhenti di sembarangan tempat kayak jakarta ya. tetep di shelter bus yg udah disediakan! di setiap shelter ada papan semacam mading yg memuat informasi nomor bus dan tujuan.. gampang bgt deh pokoknya. tinggal naik, tap card, duduk, nyampe :p

dari jakarta, karena ini adalah jalan-jalan dadakan, gw gatau deh mau kemana yg penting heppi. yg gw tau, gw pengen kulineran dan pengen berhubung gw suka sama yg berbau2 home furnishing, printilan lucu2 gw pengen berkunjung ke IKEA!!!!!

setelah naik bus dr redhill station sekitar 10 menit, akhirnya sampailah gw di shelter bus deket rmh temen gw. dan gw sempet terkaget2 karena rumah temen gw persis di seberang IKEA store yg pengen bgt gw ubek2. alhamdulillah bgt yahh tinggal jalan kaki. jadilah gw semakin heppi and i cant wait till tomorrow………..

IKEA!!!!!

visit : www.ikea.com.sg

This entry was posted in foot step. Bookmark the permalink.